Senin, 11 Agustus 2025

RINGKASAN JENIS COPY WRITING

 

RINGKASAN JENIS COPY WRITING

 

Media copy writing tradisional dan digital

Tradisional :

  •  Media cetak seperti majalah, koran, pamphlet, brosu
  •  Iklan display, iklan yg sudah mencakup copy dan visual yg Panjang pendek copy tergantung pada ukuran display, tidak bertele-tele
  • Advertorial, teks yg dikemas dalam bentuk artikel, copy cenderung Panjang, bersifat soft selling.
  • Media penyiar : tv dan radio, cenderung mengedepankan aspek story telling khususnya lewat sisi emosional
  • Media luar ruang : billboard, poster dan banner di tempat umum, copy lebih ringkas (5-6 kata) lebih menonjolkan headline atau visual yang catchy

Digital :

  • Media digital : display atau banner dan web copy
  • Advertorial/web copy, jumlah kata 50% lebih ringkas dibanding media cetak, mengaplikasikan SEO
  •  Yang mempengaruhi SEO : judul/topik, paragraph pertama/100 kata pertama digunakan untuk mencari sebuah topik dan harus relevan
  • Media sosial : facebook, twitter dan instragam,
  •  Display ad, copy dan desain harus eye-catcy, jumlah kata ideal 25 karakter untuk headline, 90 karakter untuk body copy
  • Email marketing : ringkas, jumlah kata ideal 41/7 kata, body maksimum 200 kata, open rate (berapa banyak email dibuka), click through rate/ctr (banyak pembaca yang mengeklik link yg tercantum di body email.
  • Push notification : singkat, padat, jelas, Panjang body copy 10-15 kata, Panjang headline 5-6 kata


Hasna Damalia/14/ XIII DKV 2

RINGKASAN COPYWRITE FORMULA

  RINGKASAN COPYWRITING FORMULA Hasna Damalia/14/XII DKV 2 Penjelasan dari copywriting formula adalah teknik membuat copy yang efektik unt...