RINGKASAN JENIS COPY WRITING
Media copy writing tradisional dan digital
Tradisional :
- Media cetak seperti majalah, koran, pamphlet, brosu
- Iklan display, iklan yg sudah mencakup copy dan visual yg Panjang pendek copy tergantung pada ukuran display, tidak bertele-tele
- Advertorial, teks yg dikemas dalam bentuk artikel, copy cenderung Panjang, bersifat soft selling.
- Media penyiar : tv dan radio, cenderung mengedepankan aspek story telling khususnya lewat sisi emosional
- Media luar ruang : billboard, poster dan banner di tempat umum, copy lebih ringkas (5-6 kata) lebih menonjolkan headline atau visual yang catchy
Digital :
- Media digital : display atau banner dan web copy
- Advertorial/web copy, jumlah kata 50% lebih ringkas dibanding media cetak, mengaplikasikan SEO
- Yang mempengaruhi SEO : judul/topik, paragraph pertama/100 kata pertama digunakan untuk mencari sebuah topik dan harus relevan
- Media sosial : facebook, twitter dan instragam,
- Display ad, copy dan desain harus eye-catcy, jumlah kata ideal 25 karakter untuk headline, 90 karakter untuk body copy
- Email marketing : ringkas, jumlah kata ideal 41/7 kata, body maksimum 200 kata, open rate (berapa banyak email dibuka), click through rate/ctr (banyak pembaca yang mengeklik link yg tercantum di body email.
- Push notification : singkat, padat, jelas, Panjang body copy 10-15 kata, Panjang headline 5-6 kata
Hasna Damalia/14/ XIII DKV 2