Selasa, 19 Agustus 2025

RINGKASAN COPYWRITE FORMULA

 

RINGKASAN COPYWRITING FORMULA

Hasna Damalia/14/XII DKV 2

Penjelasan dari copywriting formula adalah teknik membuat copy yang efektik untuk meningkatkan dan memudahkan dalam proses penjualan serta pembuatan.

AIDA : Attention, Interst, Desire, Action

  • ·         Attention->menarik perhatian konsumen dengan cara membuat judul headline yang menarik agar membangkitkan rasa penasaran konsumen.
  • ·         Interest->tawaran sesuatu yang dibutuhkan konsumen seperti keunggulan produk a dengan b.
  • ·         Desire->buat konsumen sangat menginginkan produk tersebut dengan cara menyebutkan benefit suatu produk dan memberikan power word.
  • ·         Action-> buat target konsumen melakukan tindakan dengan cara memberikan kata seperti “ayo, segera beli, dapatkan dll.”

<---contoh dari AIDA FORMULA





AIDCA : Attention, Interest, Desire, Conviction, Action

  • ·         Attention->menarik perhatian konsumen dengan cara membuat judul headline yang menarik agar membangkitkan rasa penasaran konsumen.
  • ·         Interest->tawaran sesuatu yang dibutuhkan konsumen seperti keunggulan produk a dengan b.
  • ·         Desire->buat konsumen sangat menginginkan produk tersebut dengan cara menyebutkan benefit suatu produk dan memberikan power word.
  • ·         Conviction-> jawab kekhawatiran dibenak konsumen seperti “macet tetapi buru-buru tenang naik gojek praktis sekali”
  • ·         Action-> buat target konsumen melakukan tindakan dengan cara memberikan kata seperti “ayo, segera beli, dapatkan dll.”

PAS FORMULA

PAS : Problem (masalah), Agitate (menghasut), Solution (Solusi)

  • Contoh dari problem berupa “capek ke kantor terjebak terus karena macet?”
  • Contoh dari agitate “ telat ke kantor, gaji di potong”
  • Contoh dari solusi “ naik ojek online solusinya”

FAB FORMULA

FAB : Feature, Advantage, Benefit

  • Feature merupakan ciri utama produk yang dijual

          Contoh feature : system pemanas cepat

  • Advantage merupakan keuntugan dari fitur

          Contoh penerapan : bisa memanaskan oven 200 derajat hanya dlm 5 menit

  • Benefit merupakan manfaat yang ditawarkan kepada konsumen

          Contoh penerapan : menghemat waktu memasak untuk konsumen yang super sibuk.


PSYCOLOGICAL TRIGGER 



RINGKASAN COPYWRITE FORMULA

  RINGKASAN COPYWRITING FORMULA Hasna Damalia/14/XII DKV 2 Penjelasan dari copywriting formula adalah teknik membuat copy yang efektik unt...